7 Tips Memilih Pakan Burung Terbaik Untuk Burung Kesayangan – Memelihara burung pasti akan memberikan pakan nya juga karena pakan burung merupakan suatu kebutuhan dalam memelihara burung. Bahkan di Indonesia ini juga sudah banyak perusahaan yang memproduksi pakan burung untuk dijual, hal ini tentu saja akan menjadi pertimbangan untuk para pemelihara burung dalam menentukan pakan apa yang akan di beli untuk burung kesayangannya karena pakan burung akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan burung dan pertumbuhan burung.

Sebisa mungkin harus selektif dan jangan sampai salah dalam memberikan pakan burung terutama untuk burung kesayangan sobat semua, maka dari itu simak sampai habis Tips Memilih Pakan Burung Terbaik Untuk Burung Kesayangan ini ya sobat.

1. Pilih pakan yang memiliki Vitamin yang baik untuk burungperkutut goldVitamin merupakan sumber nutrisi  yang dibutuhkan untuk semua jenis burung pilihlah pakan burung yang memiliki vitamin A, B, B1, B2, B12,  C, D, E, dan tiap-tiap vitamin tersebut memiliki peran yang berbeda-beda bagi kesehatan burung.

Vitamin A, bertugas menjaga penglihatan dan sistem kekebalan tubuh burung. Burung yang kekurangan vitamin A biasanya memiliki bintik putih di bagian paruh, berat badannya menurun, dan bulunya menjadi kusam. Agar burung tidak kekurangan vitamin A.

Vitamin B, agar makanan yang masuk ke dalam tubuhnya bisa dipecah. Vitamin B termasuk vitamin yang larut di dalam air dan akan terbuang setiap hari, oleh sebab itu sobat harus memberikan vitamin B secara rutin (setiap hari).

Vitamin B1, vitamin B1 ini sangat penting untuk burung karena burung yang mengalami kekurangan vitamin B1 bisa mengalami polyneuritis, dengan gejala klinis burung mengalami kejang-kejang, tubuhnya menjadi lemah, dengan posisi kepala menghadap ke atas.

Vitamin B2, kekurangan vitamin B2 pada burung bisa mengakibatkan jari-jari kaki menjadi bengkok. Khusus untuk burung indukan, terutama induk betina, kekurangan vitamin B2 menyebabkan kualitas telur sangat rendah.

Vitamin B12 juga penting untuk burung karena jika kekurangan B12 bisa menyebabkan radang pada selaput lendir, gerakan sering tidak terkontrol (misalnya, burung salto). penurunan daya tetas (kurang dari 50%), dan piyik yang baru menetas mengalami perubahan bentuk.

Vitamin C, bertugas menjaga dinding pembuluh darah burung.

Selanjutnya ada vitamin D yang bisa membantu pembentukan tulang, namun burung yang dipelihara di rumah sering kekurangan vitamin D karena jarang terkena sinar matahari. Burung yang kekurangan vitamin D biasanya mengalami penurunan berat badan dan paruhnya melunak. Untuk mencegah hal tersebut, burung peliharaan Anda harus rutin dijemur.

Vitamin D, vitamin D pada berfungsi untuk pertumbuhan, menjaga kesehatan dan penyakit seperti halnya manusia. Untuk itu pemberian Multi Vitamin bagi burung tentunya sangat berbeda dosisnya dengan Manusia, akan tetapi kalo anda dalam memberikannya terlalu banyak juga kurang baik walaupun nantinya dalam sisitem metabolismenya vitamin yang tidak diserap akan di buang melalui sistem pembuangan alangkah baiknya untuk sedikit hemat maka dalam memberikannya secukupnya saja.

Vitamin E, Burung juga membutuhkan vitamin E untuk melawan radikan bebas. Di samping itu, vitamin E juga bertugas melindungi vitamin A dan mencegah vitamin B dan C dari oksidasi. Terakhir, ada vitamin K yang membantu pembekuan darah saat terjadi luka. Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan darah susah membeku saat ada luka.

Baca juga: Dukung Pencegahan Covid-19, Phoenix Donasikan Suplemen Herbal

2. Pilih pakan yang memiliki Protein yang baikphoenix seaweedsProtein bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh dan kesehatan reproduksi burung. Cacing dan serangga merupakan dua jenis makanan yang bisa memenuhi kebutuhan protein para burung. Namun, Anda bisa memberikan daging dan telur yang sudah dimasak jika tidak bisa menemukan serangga atau cacing.  Burung yang kekurangan protein biasanya mengalami gangguan saat terbang dan bertengger karena ototnya tidak memiliki cukup tenaga. Burung yang kekurangan protein dalam jangka panjang dapat mengalami disfungsi organ. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan burung peliharaan Anda mendapat protein yang cukup dari makanannya.

3. Pilih pakan yang memiliki kandungan Lemakterkuku

Burung membutuhkan lemak untuk diubah menjadi sumber energi. Di samping itu, lemak juga bisa menjaga tubuh burung tetap hangat saat cuaca sedang dingin. Fungsi lain dari lemak adalah menyerap vitamin A, D, E. Burung bisa mendapatkan lemak dari biji-bijian dan kacang-kacangan. Burung memang membutuhkan lemak. Meskipun demikian, burung hanya boleh diberi lemak murni. Lemak yang sudah diolah sebaiknya tidak diberikan karena lemak tersebut mungkin sudah tercampur dengan zat lain.

4. Pilih pakan yang memiliki kandungan Mineralbird power

Burung juga membutuhkan mineral. Jumlah mineral yang dibutuhkan burung memang tidak banyak, yaitu hanya satu persen dari bobot tubuh burung. Walaupun demikian, mineral memegang peran penting dalam proses pembentukan telur. Burung yang kekurangan mineral bisa mengalami depresi dan berhenti bertelur. Selain itu, kekurangan mineral juga bisa membuat daya tetas telur menurun dan menyebabkan kematian embrio.

Baca juga: Phoenix Donasikan Suplemen Herbal Peningkat Kadar Albumin Sebagai Solusi Terapi COVID-19

5. Pilih warna pakan yang terlihat cerah dan betul-betul berisi

Memilih pakan yang terlihat cerah dan betul-betul berisi merupakan hal yang penting karena hal tersebut merupakan pertanda bahwa pakan tersebut masih fresh. Ada kalanya di pedagang pakan yang menjual stok pakan lama. Mungkin sepi kali ya. Sehingga bila tidak teiti kita mendapat pakan biji-bijian tersebut kurang berkualitas yaitu ditandai bobot biji-bijian tersebut ringan alias banyak kopong (kurang berisi).

Bila memilih pakan kiloan dari pedagang langsung ada baiknya pakan tersebut kita seleksi dengan cara direndam air sebentar sehingga biji-bijian yang kosong mengapung diatas sehingga bisa kita saring dan buang. Biji-bijian yang baik akan tenggelam. Setelah perendaman segera kita saring dan jemur dengan panas matahari dengan tujuan agar pakan tersebut dalam keadaan kering dalam penyimpanan untuk menghindari jamur. Perlu diingat bahwa pakan yang berjamur sangat berbahaya bagi kesehatan burung.

6. Memperhatikan kemasancannary lovebird multivitaminPastikan kemasan dari pakan burung yang akan diberi tersebut memiliki kemasan yang tidak kempes atau sobek.
Karena jika kemasan sudah kempes di khawatirkan pakan tersebut dengan kemasannya yang sudah rusak yang bisa mengundang bakteri masuk kedalam pakan burung tersebut.

7. Memperhatikan tanggal kadaluarsapakan burung phoenix

Satu lagi yang tidak kalah penting yaitu memperhatikan tanggal kadaluarsa dari produk yang akan sobat pilih karena jika memberikan pakan yang masa kadaluarsanya habis akan merusak kesehatan burung tersebut.

Mengingat begitu pentingnya pemilihan pakan burung untuk burung kesayangan sobat semua, maka dari itu pilihlah makanan yang memiliki kualitas yang terbaik. Pakan burung yang terbaik tidak melulu harus mahal juga, karena di Phoenix Indonesia Official  dengan dimulai dari harga 10 ribu rupiah saja sudah bisa mendapatkan pakan terbaik sobat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

id_IDIndonesian